Ibadah Dan keutamaan do’a, Surat Al Fatihah


Berdo’a adalah termasuk dalam ibadah yang kita lakukan pada Tuhan yang Maha Esa, tetapi berdo’a pun bukan menjadi sandaran utama akan apa apa yang kita inginkan , sebab ikhtiar dan syare’atlah pokok dari segalanya, dan jga dalam berdo’a pun harus di pahami dan memahami dan apa saja atau apa keutamaannya, dan salah satunya adalah surat al Fatihah, dan apa saja keutamaan dari surat tersebut :
Kandungan surat al fatihah
Suratal fatihah di turunkan di makah dan teriri dari 7 ayat ini, adalah surat perama yang di turunkan secara lengkap  di antara surat surat yang ada dalam al Qur’an dan termasuk golongan surat makkiyah.
Surat ini di sebut al fatihah ( Pembuka ), karena dengan surat inilah di buka dan di mulainya al Qur’an
Di samping  nama tersebut, surat ini di namakan ummul Qur’an  ( Induk,  al Qur’an ) atau ummul kitab ( Induk, alkitab ) karena ia adalah induk bagi semua isi al Qur’an, dan karenanya surat tersebut wajib di baca pada tiap tiap shalat.
Surat fatihah di namakan pula  dengan as-Sab’ul matsaani ( Tujuh yang berulang ulang ), karena ayatnya jumlahnya ada 7 dan di baca berulang ulang dalam shalat.
Surat ini mengandung unsur unsur pokok yang mencerminkan seluruh isi al Qur’an yaitu : Keimanan, Hukum hukum dan Kisah kisah.
Demikianlah keutamaan surat al Fatihah sebagai surat pembuka dalam al Qur’an , dan sudahkah anda berdo’a dengannya ? , salam penulis.




EmoticonEmoticon