CARA BERSUCI (THAHARAH )

                        
A.      Arti thaharah.
Thaharah atau bersuci artinya suci dari hadats dan nazis emenurut hukun islam, sedangkan suci dari hadats maksudnya suatu perkara yang mengharuskan orang untuk berwudlu atau mandi. Suci dari hadats ada dua macam:
a.       Suci dari hadats kecil, yakni perkara yang mengharuskan orang untuk berwudlu atau tayammum.
b.      Suci dari hadats besar , yakni perkara yang mengharuskan orang  untuk mandi besar.
               Sedangkan suci dari nazis adalah menghilangkan nazis yang ada pada badan, pakaian , dan tempat dari nazis, dengan memakai air suci dan juga mensucikan. Air suci dan mensucikan ialah :
-          Air sumur.
-          Air laut.
-          Air hujan.
-          Air sungai.
-          Air salju atau es .
-          Air embun.
-          Air sumber.
B.      Macam – macam pembagian air :
Air dapat di bagi menjadi 4 bagian menurut hukum yaitu :
-          Air suci dan mensucikan(air muthlaq ) yaitu air yang masih asli, bisa di gunakan untuk bersuci dan tidak makruh.
-          Air suci dan mensucikan tetapi makruh di gunakan, atau di sebut air musyammas, seperti air yang terkena ppanas matahari dan air tersebut berada dalam tempat yang terbuat dari logam selainlogam emas. Tetapi jika air itu telah dingin kembali maka tidak makruh memakainya.
-          Air suci tetapi tidak mensucikan, yaitu air musta,mal  ( Telah di gunakan menghilangkan  hadats, atau menghilangkan najis bila belum berubah warna, rasa dan baunya ).
-          Air mutanajis, Air sediit yang terkena najis, air sedikit adalah air yang kurang dari dua kullah atau sama dengan 216 liter (Kurang dari 60 cm3 ).
Demikianlah sedikit penerangan ini semoga dapat bermanpaat bagi kehidupan anda.




EmoticonEmoticon