Cara Mencari Ilmu



Ilmu di samakan dengan pengetahuan , dan pengetahuan meliputi agama dan darigama (ilmu pengetahuan dan pendidikan ), juga ilmu bisa meliputi hal apa saja, dan ada sedikit perbedaan antara mencari ilmu hikmah dan di luar ilmu tersebut.
Illmu hikmah adalah sebuah ilmu yang mengedepankan aspek aspek , pendekatan kepada tuhan dan berlandaskan agama dan itu yang benar , sebab ilmu adalah titipan tuhan , dan tuhan membuat aturan dalam kitab kitabnya agar suatu ilmu dapat di jalankan untuk kebaikan dan kebenaran bukan untuk sebuah kesombongan !.
Ilmu hikmah juga beraspek mencintai dan menjaga serta memelihara apa apa yang tuhan ciptakan dan titipkan pada kita sebagai manusia ( Makhluk yang di ciptakannya ),  menjaga serta memelihara segala yang ada dan tercipta yang dapat menimbulkan kemaslahatan.
Ilmu  juga adalah sebagai ujian , mengapa ? sebab ilmu juga adalah sarana intropeksi diri, sudahkah ilmu yang di dapat  berguna, di bagikan dan di amalkan ? sesungguhnya hal inilah yang berat untuk kita pikul, sebab terkadang tujuan awal akan berubah di awal , di tengah atau di akhir dari pencarian ilmu itu sendiri.

Lalu, apakah langkah langkah dalam mencari ilmu ?

He he hal inilah yang kita share- kan sekarang , dan mudah mudahan dapat bermanpaat !. Pertama , ilmu yang baik akan datang dari manusia atau orang yang baik , secara zahiriah hal itu dapat kita lihat dari pintasan cara seseorang bicara , tutur kata , tingkah laku serta adab dan tatakramanya, sebab seorang yang seperti itu tentulah mempunyai ilmu dan juga penilaian pertama adalah secara zahiriah.
Niat, sesuatu jelas mesti di awali dengan niat , yang di anjurkan tentu saja adalah niat yang baik, walau yaah...lumayan perih untuk mendapatkan dan melakukan hal itu. Sebab kebaikan akan selalu di beri bayangan kemenangan dari orang orang yang jahat, meskipun itu hanyalah sebuah fatamorgana saja, karena pada hakikatnya tetaplah suatu hal yang benar tak akan dapat di kalahkan.
Apa yang kita inginkan suatu saat bukan yang kita dapat, itulah uniknya sebuah ilmu, yah sobat di saat kita menginginkan akan sebuah ilmu ini, eh ternyata yang kita dapat yang itu, salahkah ? sama sekali tidak , sebab sebuah ilmu akan mengukur dirinya apa menjadi bagian bagi si pencari atau bukan ? dan kitalah yang salah paham , sehingga ada banyak yang memaksakan kehendaknya , dan akhirnya ? Sobat dapat dengar akan resiko dari hal yang di paksakan tersebut.
Muthola’ah, mengulang apa yang di berikan seorang guru, sebab sesuatu hal ada yang mentah, sedang dan masak, he he ya sobat , jika matang mah enak tinggal kita makan saja ! tetapi jika mentah, lalu kita tidak tahu bagaimana atau dengan cara memasaknya , tentu rasa dan kenikmatannya pun tentulah berbeda, dan mengulang suatu pelajaran akan menghasilkan buah pikiran dan hasil yang berbeda, di samping akan menambah ragan dan kreatipitas sebuah ilmu untuk kita gunakan.
Panjang sobat, sedikit demi sedikit saja , ilmu dan nasehat, apa yang mesti di berikan dari sebuah ilmu
Ilmu tidak hanya sekedar ilmu, ia tak berdiri sesendiri tetapi di sokong dan di bentuk pula oleh hal lainnya semisal : Suatu ilmu yang di berikan seharusnya di sertakan sebuah nasihat, dan guna dari hal tersebut adalah sebagai tali pengekang untuk si pemegang ilmu tersebut, dalam arti sebagia pengingat, bagaimana ilmu itu seharusnya di gunakan ! apa sebagai sebuah kesombongan ataukah sebuah tafakur, bahwa segala sesuatu termasuk ilmu , tak lebih dan tak kurang semuanya adalah hanya milik Tuhan semata.
Si pemberi dan yang di beri, suatu ilmu jika di berikan dari seseorang terhadap yang lainnya , tentulah ada suatu serah terima atau ijab sebagai hal dasar , dan ini menandakan bahwa sebzuah ilmu di berikan untik di amalkan dan segala apa apa yang terkait dengan suatu ilmu telah di pindah tangankan secara sah.
Dan tak bertanyalah, suatu ilmu di berikan tentu dengan apa apa yang ada dan terkandung dalam ilmu tersebut, tetapi kadang kita terlupa, selalu saja kita bertanya he he dan yang akhirna menyusahkan kita saja, ya salah siapa ?
Sobat , begitulah langkah langkah dalam mencari ilmu, dan kesempurnaan pastilah kita harapkan dan inginkan, tetapi tanpa memahami cara dan langkah langkahnya tentulah jika sesuatu yang tidak kita harapkan terjadi , sobat tinggal bertanya, itu salah siapa ? 




EmoticonEmoticon